Portal bantuan lengkap dan mandiri

Prosedur untuk Retur Produk (Khusus Afiliasi)

j
Written by jakmall
Updated 1 month ago

Saat ingin melakukan retur atau pengembalian produk, Anda dapat menggunakan “Menu Komplain”. Menu ini dapat digunakan oleh Member Afiliasi pada kasus seperti berikut:

  1. Barang belum sampai
  2. Barang tidak sesuai deskripsi
  3. Barang rusak saat diterima
  4. Barang tidak lengkap
  5. Ongkos kirim tidak sesuai.

Cara untuk melakukan retur produk:

    1. Kunjungi halaman Histori Belanja untuk Member Afiliasi.
      image.png
    2. Pilih kode pesanan yang ingin dikomplain, lalu klik tombol Ajukan Komplain.

      image.png

    3. Pilih kategori dan solusi yang ingin diajukan, jelaskan informasi detail pada kolom keterangan kemudian klik Ajukan Solusi.

      image.png

    4. Pembeli dapat membuat video unboxing produk ketika paket sudah diterima. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses klaim dan pemeriksaan apabila terdapat pesanan bermasalah. Seperti kerusakan produk, ketidaksesuaian produk, maupun produk yang tidak lengkap saat dikirim. Pengajuan retur tanpa melampirkan video membuka kemasan (unboxing) dapat menyebabkan pengajuan komplain ditolak.
    5. Anda dapat berdiskusi dengan penjual untuk menemukan solusi terbaik. Apabila dalam waktu 3x24 jam Pembeli dan Penjual belum menemukan solusi, maka tombol Panggil Bantuan akan muncul secara otomatis dan dapat dipilih untuk meminta bantuan pihak Jakmall guna menengahi dan memberikan solusi terakhir.

      image.png

    6. Apabila ingin membatalkan komplain, Anda dapat klik tombol Selesaikan Komplain dan status komplain dinyatakan selesai.
      image.png
    7. Selalu perhatikan dan cek update terbaru mengenai Kebijakan Pengembalian/Retur Afiliasi Jakmall. Disarankan untuk mencantumkannya pada informasi toko dan produk yang di-upload ke marketplace. Kebijakan Pengembalian/Retur dapat dilihat di :
      a. Halaman Toko
      image.png
      b. Halaman Informasi Produk
      image.png

    Did this answer your question?