Fitur Export Inventori adalah fitur yang dapat dimanfaatkan oleh Member Afiliasi untuk melakukan Mass Upload di Marketplace Online.

Untuk detail pemrosesan fitur ini adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke menu Inventori Afiliasi, pilih “Export Inventori” dan pilih kategori export marketplace yang Anda inginkan.

 

2. Selanjutnya, Anda akan masuk ke Langkah 1 untuk memilih produk-produk yang sudah Anda tambahkan di Inventori Afiliasi untuk di-Export. Apabila Anda belum menambahkan produk di Inventori Afiliasi, silakan untuk menambahkan produk terlebih dahulu. Klik Panduan Fitur Inventori Afiliasi untuk Affiliate Jakmall untuk informasi lebih lanjut. Anda dapat memilih produk untuk di-export sesuai dengan ketentuan masing-masing marketplace. Setelah Anda selesai memilih produk-produk yang akan di-Export, klik “Selanjutnya”.

 

3. Anda akan memasuki Langkah 2 dimana Anda dapat mempersonalisasi data-data produk tersebut. Seperti menambahkan nama awal/nama akhir produk, mencantumkan logo/watermark pada gambar produk, mengatur harga jual, dan penambahan kata pada deskripsi produk. Jika Anda ingin mengetahui contoh pengisian, silakan klik “disini” pada masing-masing bagian pengisian. Jika sudah selesai, klik “Selanjutnya”.

 

4. Kemudian, Anda akan masuk ke Langkah 3 dimana Anda dapat me-review data-data produk yang akan di-export. Anda dapat mengecek kembali apakah data-data produk tersebut sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika terdapat data pengisian yang tidak sesuai, maka akan muncul notifikasi untuk hal tersebut. Anda bisa memperbaikinya dengan kembali ke langkah ke 2 untuk mengulangi pengisian yang sesuai atau memperbaiki data tersebut pada dokumen yang sudah di-Export nanti. Apabila Anda telah selesai me-review, klik “Export Inventori”.

 

5. Dokumen Export Inventori akan terunduh secara otomatis dan tampilan layar akan berubah seperti berikut: 

 

6. Berikut adalah dokumen hasil Export Inventori yang berhasil diunduh.

 

7. Warna merah pada kolom dokumen tersebut menandakan adanya kesalahan yang harus diperbaiki. Sementara itu, warna kuning pada kolom dokumen tersebut menandakan bahwa kolom harus diisi sesuai dengan ketentuan marketplace dan juga keinginan Anda.

 

8. Untuk kolom kategori, Anda harus mengisi data yang sesuai dengan ketentuan masing-masing Marketplace tersebut. 

 

9. Anda dapat melihat panduan cara pengisian dokumen hasil Export Inventori dengan klik tombol “Lihat Panduan” atau silahkan klik "Panduan Pengisian Dokumen Hasil Export Inventori Afiliasi (Tokopedia)".

 

10. Terdapat pilihan untuk Anda men-download kembali dokumen hasil Export Inventori pada tulisan “disini” seperti di gambar berikut: 

 

Atau pada tulisan “Download disini” pada halaman awal Export Inventori seperti gambar berikut:

 

Apabila Anda men-download kembali hasil export inventori sebelumnya dan terjadi perubahan harga pada produk, maka hasil excel akan mengikuti harga terbaru.

 

11. Jika Anda sudah melengkapi keterangan di dokumen hasil Export Inventori sesuai dengan ketentuan marketplace, maka selanjutnya Anda dapat untuk melakukan mass upload dengan dokumen tersebut di marketplace tersebut.

 

Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silakan menghubungi Affiliate Business Partner kami.