Setelah Member Afiliasi berhasil melakukan Export Inventori, maka selanjutnya dokumen hasil Export Inventori tersebut harus diisi sesuai dengan ketentuan marketplace dan juga keinginan Member Afiliasi.

Untuk detail cara pengisian dokumen tersebut adalah sebagai berikut:

1. Berikut adalah tampilan dokumen hasil Export Inventori Untuk Template Upload ke Tokopedia.

 

2. Kolom berwarna merah menandakan bahwa data di kolom tersebut tidak sesuai dengan ketentuan marketplace. Anda harus mengedit data yang ada di kolom berwarna merah tersebut agar sesuai dengan ketentuan marketplace. Sebagai contoh, apabila marketplace menentukan bahwa judul produk maksimal berjumlah 70 karakter, maka untuk judul produk yang melebihi ketentuan tersebut dapat Anda edit agar tidak melebihi 70 karakter.

 

3. Untuk kolom yang berwarna kuning adalah kolom kosong yang harus Anda isi sesuai dengan ketentuan marketplace dan juga keinginan Anda. Kolom yang berwarna kuning di antaranya adalah kolom kategori produk, stok produk, etalase, preorder, dan waktu proses preorder.

 

4. Untuk kolom Kategori diisi dengan angka kode kategori produk dari masing-masing marketplace. Misalnya kode kategori untuk produk “kaos” adalah 1769 pada marketplace Tokopedia, maka Anda menginput kode tersebut ke kolom kategori seperti contoh berikut:

 

 

 

 

 

5. Untuk Tokopedia, Anda dapat mencari kode kategori produk di Tokopedia Seller akun Anda. Selanjutnya, klik menu daftar produk > tambah sekaligus > produk baru > download template tambah sekaligus > download template. Setelah dokumen di-download, Anda bisa lihat kode kategori produk pada sheet "Daftar Kategori” di dokumen tersebut.

 

6. Untuk kolom Jumlah Stok, isilah dengan angka, mulai dari 1 hingga seterusnya. Misalnya Anda ingin mengisi dengan angka 10, maka isilah di kolom tersebut dengan angka 10 yang menandakan jumlah dari stok tersebut 10. Contohnya sebagai berikut:

 

 

 

 

 

 

7. Pada kolom Etalase, isilah dengan angka/nomor id untuk kategori yang telah Anda buat sebelumnya di akun toko Tokopedia Anda. Jika Anda belum membuat etalase, maka tidak masalah untuk kolom etalase tersebut untuk dikosongkan saja. Contoh pengisian kolom etalase adalah sebagai berikut:

 

8. Pada kolom Preorder, isilah dengan Ya atau Tidak. Kami merekomendasikan Anda untuk mengosongkan atau mengisi dengan Tidak dikarenakan hampir seluruh produk di Jakmall yang dijual oleh Member Afiliasi bersifat Ready Stock. Jika Anda hendak mengosongkan kolom Preorder juga tidak masalah. Produk yang di-upload akan masuk ke dalam kategori produk non preorder.

 

9. Untuk kolom Waktu Proses Preorder, isilah dengan angka atau kosongkan saja. Angka menunjukkan berapa hari yang diperlukan untuk melakukan preorder, misalkan angka 3 berarti 3 hari. Karena produk di Jakmall mayoritas bukan preorder, maka kami sarankan untuk kolom ini dikosongkan saja

 

10. Apabila Anda sudah melengkapi keterangan di dokumen hasil Export Inventori sesuai dengan ketentuan marketplace, maka selanjutnya Anda dapat melakukan mass upload di marketplace tersebut.

 

Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silakan menghubungi Affiliate Business Partner kami.